Friday, July 11, 2014

Tetap berusaha, dan berdoa. perjuangan belum berhenti sampai disini



Yaah hari pengumuman hasil test yang aku tunggu selama ini seumur hidupku yang menyangkut masa depan ku keluar, seketika darah rasanya membeku , jantung seakan berhenti berdetak dan sepertinya si jantung ingin melompat keluar,  tubuh lemas tak berdaya,  mata ku kaku melihat layar laptop dengan segala harapan tinggi yang bergejolak di dada. Ku lihat, nama ku tidak ada tercantumkan di segelintir nama nama  yang lulus, dan rasanya semua harap ku selama ini, semua usaha yang kulakukan pagi, siang, malam, semua doa yang ku pinta pada tuhan ku yang aku lakukan selama ini terasa tidak berguna, sia sia. Okey seperti nya untaian kata ku diatas terlalu berlebihan.
Yah, setelah tamat SMA pastinya dong kita akan ngelanjutin belajar di perguruan tinggi. Dan ternyata sekarang faktanya “masuk” perguruan tinggi itu “ga” semudah yang aku bayangin dulu. Iya, memang ga mudah. Ada berjuta anak SMA juga yang tamatnya sama dengan ku, dan mereka juga memiliki keinginan untuk melanjutkan kan belajar  nya di perguruan tinggi juga. Berbagai macam cara mereka, aku lakuin untuk lulus di PTN yang kita impi-impikan, mulai dari bimbel ke luar kota, belajar sendiri dirumah, belajar online dan banyaaaaaak cara yang kita lakuin untuk lulus. Orang tua juga selalu menyupport kita yakin bahwa anaknya bisa lulus, yakin anak nya pinter, yakin anaknya bisa ngalahin jutaan saingan, yakin seyakin yakinnya. Dan itu juga termasuk beban bagi kita “anaknya”. Aku ga mau mereka kecewa. Aku mau mereka bangga. Alaaah, pokoknya berat banget tanggung jawabnya kalo orang tua uda seyakin yakinnya kita pasti bisa.
Setelah mengetahui kita engga lulus tu rasaya ya allah, kaya dihempaskan dari langit ke tujuh jatuhnya tu di lautan. Sesek, nyesek, ga bisa napas sedetik.  ya allah, otak rasanya menciut. Bibir pucat kaku, ga mau sesiapa yang tau. Malu? Yaiyadong malu nya itu loh. Malu banget sama orang tua,kalo dengan orang tua lebih ke takut hal ini ngecewain dia. Ah pokoknya ga mau ngasi tau berita kabar buruuk manggis ini. Ga bisa tidur mikirin gimana masa depan ku. ya walaupun aku uda punya cadangan, tapi tetep ajaaaa. Nyeseknya!!!!!  *tarik nafas dalam dalam, keluarkan…huff….*
Yaaah, usaha belajar mati-matian sebelum hari H nya. Dan itu uda aku lakuin,mulai dari  ngebahas soal, belajar online di zenius, beli buku,  semuaaanya. Semuanya uda aku lakuin! Tapi ya mungkin Allah belum memperkenankan aku lulus di sana. Mungkin ada sesuatu yang lebih baik untukku yang allah berikan tapi jalan nya engga disana. Yaaa, kita harus husnuzan kepada allah. Banyaak cara untuk menjadi sukses. Bukan hanya disitu. Atau mungkin jalannya ga di situ.
Jadi buat teman teman yang belum Allah izinkan lulus di tempat yang kalian inginin. tetep semangat!!, berusaha, berdoa dan tawakal. Sukses itu butuh proses yang baik. Mungkin ga disana. Mungkin ga sekarang. ya penting kita harus tetap berusaha. gagal itu biasa, gagal itu menunjukkan kita kalo kita perlu mengooreksi apa kesalahan yang kita lakukan di masa lalu, dan dapat merubahnya lebih baik lagi. Dan tak ada usaha yang sia sia. Tetap yakini diri sendiri, kita punya kemampuan, kita bisa. Tapi mungkin itu ga sekarang, mungkin esok, taun depan, taun yang akan datang, atau mungkin impian kita itu tercapainya di keturunan kita selanjutanya. Ga ada yang tau. Yang penting berusaha, berdoa, dan tawakal.
Jadi intinyaa, tetap semangat!!!! ^o^9

No comments:

Post a Comment